Kusen Kayu

Kusen kayu adalah suatu rangka dari balok kayu yang dihubungkan sedemikian rupa sesuai dengan kaidah suatu konstruksi, fungsi serta selera dari pemilik bangunan.

Fungsi utama dari kusen kayu yaitu untuk perletakan daun pintu, jendela, kaca dan tralis, selain fungsi tersebut bentuk dan variasi kusen akan menambah keindahan atau estetika dari bangunan.

Jenis – Jenis Kusen Kayu :

  1. Kusen Kayu Jati
    Jika dijadikan sebagai kusen pintu maka kayu jati ini akan cukup unggul karena kuat, stabil, dan mampu tahan lama. Jenis kayu yang satu ini juga anti jamur dan anti rayap karena memiliki kandungan sejenis minyak yang sangat tidak disukai oleh binatang. Bentuk serat juga berbeda-beda karena tergantung dari lahan penanaman dan proses selama pemotongan. Namun harga kayu jati tergolong sangat mahal.
  2. Kusen Kayu Kamper
    Kelebihan yang dimiliki oleh kayu kamper adalah memiliki serat yang halus dan padat. Jenis kayu kamper juga sangat kuat dan mampu bertahan cukup lama meskipun memiliki bobot yang ringan. Namun kayu kamper juga memiliki kekurangan yang dimana akan mengembang apabila berada di udara yang sangat lembab.
  3. Kusen Kayu Sengon
    Jenis kayu sengon juga banyak digunakan dalam pembuatan kusen kayu jendela dan pintu. Kayu sengon memiliki banyak sekali keunggulan, salah satunya adalah memiliki batang yang lurus. Disamping itu, kayu sengon mempunyai sifat ringan dan lurus sehingga dapat dibentuk dengan sangat mudah.

KELEBIHAN KUSEN KAYU:

  1. Adanya beragam variasi bentuk sesuai dengan kebutuhan (tradisional, modern, minimalis, klasik, dll.).Kusen kayu bisa diterapkan pada design rumah type apa saja.
  2. Bahan Kayu memiliki keunggulan dibanding dengan material lainnya yaitu tampilan natural sesuai dengan jenis kayu.
  3. Material Bahan kayu banyak yang kuat menurut jenisnya seperti kayu jati, kamper, mahoni, atau ulin, melalui proses pengovenan yang baik.
  4. Bahan Kayu memang fleksibel untuk dirubah bentuknya sesuai desain, seperti bentuk lurus atau melengkung, dan dapat menahan panas atau dingin dari luar ruangan.
    Rumah akan tampil lebih alami dan indah dengan adanya ornamen kusen kayu pada suatu rumah atau bangunan

KELEMAHAN KUSEN KAYU

  1. Sulit untuk mendapat kayu dengan kualitas yang baik.
  2. Mudah dimakan rayap. Sehingga membutuhkan perawatan berkala dengan cat atau coating supaya tetap awet.
  3. Dapat menyerap air sehingga volume kayu bisa berubah-ubah. Alhasil pintu dan jendela sulit dibuka karena salah satu bagiannya memuai.
  4. Kayu yang dipakai untuk kuda-kuda, gordin, usuk dan reng pada atap bisa mengalami puntir jika kayu yang dipakai kurang berkualitas.
  5. Lebih mahal dari aluminium, baik dari biaya proses pembuatan, pemasangan maupun perawatannya.